IDFL.ME


Jika Link Tewas
Silahkan mampir ke

WWW.IDFL.ME

Karena perubahan domain,
Saya belum sempat mengedit semua link yang ada

Link film eror ? Silahkan komen di forum IDFL,
Saya hanya "Sharing" saja dan lebih fokus ke subs,

Trims...

Air Terjun Grojogan Sewu


Air Terjun Grojogan Sewu

Hm, Air Terjun Grojogan Sewu, sebuah air terjun dengan panorama hutan alami di kaki Gunung Lawu, Kecamatan Tawangmangu, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah.

Bacpacker ke Air Terjun Grojogan Sewu

Untuk menuju ke Grojogan Sewu sangat gampang sekali, apalagi merupakan daerah wisata andalan Kabupaten Karanganyar.

    > Jika dari Solo, kita bisa naik bus jurusan Tawangmangu dan akan dikenakan biaya sebesar Rp 7.000,- s/d Rp 8.000,- Lebih gampangnya, liat aja daftar tarif bus yang banyak disebar di beberapa titik di Terminal Tirtonadi, Solo.

    >  Kita akan turun di Terminal Tawangmangu yang merupakan terminal terakhir, dari sini, kita bisa berjalan kaki sejauh satu kilometer menuju air terjun dengan jalanan yang menanjak naik. Gampangnya, kita bisa naik angkot menuju air terjun seharga Rp 3.000,-

    >  Biaya retribusi Grojogan Sewu Rp 6.000,-

Untuk menuju air terjun, dari loket retribusi kita akan menuruni ratusan anak tangga menuju kebawah. Dalam perjalanan ini, deru air terjunpun bisa terdengar dengan jelas. Air terjunnya sendiri berada di dalam Hutan Wisata Grojogan Sewu yang memiliki luas 20 Ha. Jadi, dalam perjalanan menuju air terjun, kesan sejuk sangat terasa karena banyaknya pepohonan di kanan – kiri jalan.

Dalam perjalanan ini pula, kita bisa menemukan banyak sekali kera. Kera – kera tersebut merupakan  nilai tambahan dalam areal wisata ini. Namun, perlu diingat pula bahwa kera – kera tersebut juga mendapat predikat buruk ! Kera – kera di Grojogan Sewu suka sekali menyambar makanan yang dibawa pengunjung. Jika kita tidak awas, maka bisa amblas (habis) makanan kita. Bahkan, kera – kera tersebut juga sangat tertarik apa yang disebut dengan TAS. Yup, karena memang kebanyakan makanan dimasukan ke dalam tas, entah tas keresek atau tas ransel,jadi jagalah tas anda selalu dan jangan ditaruh sembarangan karena kera – kera tersebut seperti terhipnotis jika melihat tas tergeletak begitu saja (seperti pengalaman saya). Sewaktu disini, saya sempat melihat pertarungan sengit antara Manusia Vs Kera dalam memperebutkan tas dengan hasil akhir tas yang sobek (dan manusialah pemenangnya).

Air terjun Grojogan Sewu memiliki tinggi 81 meter, merupakan air terjun tertinggi ke-12 di Indonesia dan sekaligus menjadikannya air terjun tertinggi se-jawa Tengah. Untuk melihat air terjun dari dekat sebenarnya sudah ada larangannya, tapi banyak sekali yang nekat untuk melihatnya lebih dekat dan kita harus melewati bebatuan yang licin, apalagi hari itu mendung menggelayut dan gerimispun datang.

Walaupun bernama seribu (sewu = seribu), kenyataannya hanya ada satu air terjun utama dan beberapa air terjun kecil yang mengalir disekitar air terjun utama. Namun, pemandangan di sekitar air terjun sangat menarik daripada Air terjun Sedudo di Nganjuk yang hutannya banyak yang gundul.

Di sekitar air terjun banyak sekali pedagang makanan,terutama sate kelinci dan sate ayam. Di sini juga ada kolam renangnya dengan air khas pegunungan yang dingin. Selain itu, kita juga bisa mencoba flying fox dengan biaya Rp 10.000,- dan setelahnya kita dapat menyeberangi sungai dengan lewat jembatan gantung dari tali. Tertarik juga nyobain flying fox,ternyata………..datar…………adrenalin kurang terpacu, maklum, sering nyobain roller coaster walaupun dalam ukuran mini.

Perjalanan paling menantang adalah perjalan kembalinya ! Setelah menuruni ratusan anak tangga, maka sekarang giliran kita menaikinya. Capek ? tentu saja ! Tapi tenang saja, dibeberapa titik telah dibangun gazebo buat istirahat sementara. Kali ini, tugas saya membawa semua beban berat seperti tas ransel dan tanpa istirahat, saya berjalan mendaki meninggalkan dua orang yang berleha – leha di bawah [merasa dosa juga]. Takut capek ? kita bisa naik kuda dari air terjun menuju pelataran parkir.

Air terjun Grojogan Sewu

      Jika ingin bermalam,tak usah bingung, ada banyak hotel disini, letaknya di jalan – jalan kampung, tinggal sesuaikan budget aja. Jika sempat, jangan lupa kunjungi Situs Menggung yang terkenal akan bunga hiasnya dan tradisi Dhukutan.
Posted on 02.44 by Pein Akatsuki and filed under , , | 24 Comments »

24 komentar:

Anonim mengatakan... @ 18 Juni 2011 09.57

blog nya siapa neh ? kayak nya kita tetangga..
PM agil_ugly_kid_joe@yahoo.co.id

Pein Akatsuki mengatakan... @ 19 Juni 2011 11.10

@Anonim
Akhirnya, ada juga yg komen disini,
Tapi kayaknya kita tetanggan jauh deh kang,
Kalo alamat email dah ada tuh diatas sendiri :D

Anonim mengatakan... @ 7 Juli 2011 20.46

Ternyata ada wisata air terjun di karanganyar jadi pengen kesana, karena 5 hari yang lalu baru aja kemadiun, jadi pengen jalan2 kejawa lagi, thanks gan atas infonya...

Pein Akatsuki mengatakan... @ 10 Juli 2011 09.13

@Anonim
Ada tiga air terjun di Karanganyar lho
Baca artikel saya yang lainnya ya ^^
Kalo sempet kunjungilah Candi Sukuh dan Candi Cetho yang namanya udah meroket ke mancanegara ^^

Business School mengatakan... @ 29 Juli 2011 01.54

transportasi kesana gimana mas?

Pein Akatsuki mengatakan... @ 6 Agustus 2011 10.19

@Business School
Udah dijelaskan di paragraf paling awal ^^

Anonim mengatakan... @ 11 Agustus 2011 19.10

kenapa para penjual makanan yang ada disana, makanan mereka gak dicuri oleh para kera itu? kenapa hanya para pengunjung yg jadi sasaran?

Pein Akatsuki mengatakan... @ 12 Agustus 2011 09.20

@Anonim
Pedagang juga kena lho ^^
Tapi mereka lebih sigap dan lebih garang menghadapi kera - kera disini,
Maka dari itu, kera2nya lebih suka mencuri dari pengunjung yg notabene takut diserang balik kera2 tersebut, tapi jujur saja, pengunjungnya juga banyak yg suka memberi makanan ke kera :D

Anonim mengatakan... @ 23 September 2011 21.56

kalau ke sarangan masih jauh kah?

Pein Akatsuki mengatakan... @ 1 Oktober 2011 05.57

@Anonim
Deket, ini kan ada jalan tembus ke Sarangan,
Tapi kendaraan harus prima...

Anonim mengatakan... @ 20 Oktober 2011 05.19

blognya yang punya sapa yak
kok isinya sekitar karanganyar mua :D

Pein Akatsuki mengatakan... @ 28 Oktober 2011 02.43

@Anonim
Blognya bukan punya siapa - siapa
Hanya seseorang yang suka nyangsang dimana saja ^^

Anonim mengatakan... @ 5 Juni 2012 17.52

wwwohhh...emg asyik ke air terjun....ta rekomendasikan curug benowo+curug lawe di lereng gunung ungaran, jateng,,,kalo suka trecking...siiipppp....ga rugi capeknya,,,,,(ottawidjaja_otta@yahoo.co.id)

raskyra mengatakan... @ 20 Juli 2012 23.14

namanya mirip air di daerah saya, peringsewu, lampung. grojogan sewu

kydenawainru mengatakan... @ 2 November 2012 01.33

ane orang karanganyar ga, makasih dah promosiin daerah ane... :-D
btw, rumah ane deket kebun teh kemuning hlo, kalo kapan2 ke kemuning mampir aja gan, hehehe

TAN KINIRO mengatakan... @ 10 November 2012 10.08

ane orang karanganyar rumah depan Akademi Peternakan Karanganyar tepatnya Warung Chicken 'n steak...yang mo ke Karangnyar monggo mampir hehe

Anonim mengatakan... @ 11 November 2012 21.28

Ga tahu dah brapa kali kesana, seneng gan meski harus turun naik 1000 anak tangga..

Pein Akatsuki mengatakan... @ 16 November 2012 20.06

@Anonim
Tangga disini sih ga seberapa dibanding yang ada di Air Terjun Dolo, bused dah... -___-

@Tan Kiniro
Oke kang, udah lama saya ga ke Karanganyar, kemaren cuman lewat pas motoran ke Yogya :D

Anonim mengatakan... @ 18 Januari 2013 21.00

Bagus.. aku nggak bosen walaupun tempat ini jauh dari rumah, mengesankan

Tinus mengatakan... @ 30 Maret 2013 21.49

monyet-monyetnya bikin gregetan

Anonim mengatakan... @ 1 Oktober 2013 01.10

ehem mas,..... aku mau apresiasi ni buat subs filem2 nya,...

thanks ya udah di terjemahin..... :D

* (ceritanya sich dpt dr temen, terus baca notepad-nya.... :D ) thanks ya mas,.... selalu up ya. (y)

Anonim mengatakan... @ 9 Desember 2013 08.53

Tempat favorit q waktu smea nih,,maksih ya gan,,

Anonim mengatakan... @ 13 Mei 2014 15.24

Makasih gan...udah promosikan wisata daerahku....salam kenal-cah newrock......

Kaka Sukasta mengatakan... @ 16 Juni 2014 22.47

Kl lagi rame ya ada bulan tertentu ngga ya...

Jd pngen nyoba kya ya asyik. .

Poskan Komentar